Faktor Resiko Kanker Usus

Penyakit kanker usus
Penyakit kanker usus

Setiap orang tentu tidak kebal dari penyakit dan memiliki resiko terkena kanker usus. Banyak yang berkata jika sering buang air besar bisa menyehatkan usus, anggapan tersebut ada benarnya karena tinja yang sering ditahan bisa menyebabkan toksin yang berbahaya bagi usus besar.
Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan seseorang rentan terkena penyakit kanker usus.
1. Mutasi Genetik, garis keturunan bisa menyebabkan kanker. Hal tersebut dikarenakan kanker bisa melakukan mutasi genetik. Contohnya gen dari ibu memiliki gen kanker. Gen kanker tersebut mampu melakukan mutasi dan bisa berada di dalam gen Anda. Penyakit kanker usus banyak menyerang gen orang keturunan Amerika, Afrika dan juga keturunan Eropa. Kanker usus dinobatkan sebagai pembunuh paling banyak di negara negara tersebut. Angka kematian yang disebabkan oleh kanker usus menjadi pembunuh nomor satu di negara Amerika, Afrika dan juga Eropa Timur.

2. Berumur Lebih Dari 40 Tahun, wanita maupun pria bisa terkena penyakit ini. Orang dengan usia lebih dari 40 tahun lebih rentan terkena penyakit ini. Hal tersebut dikarenakan pencernaan seseorang dengan usia lebih dari 40 tahun sudah berkurang jauh fungsinya. Begitu pula dengan usus dan usus besar, saat mencerna makanan yang mengandung banyak lemak serta kolesterol tinggi, organ pencernaan tidak bisa menguraikannya secara maksimal dan mengakibatkan usus besar tidak dapat menyerap sari sari makanan dan tinja tidak dapat dibusukkan.

3. Pola Makan Tidak Sehat. Pola makan tidak sehat berasal dari pola makan yang tidak teratur dan kaya lemak. Sebagai contoh antara lain makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji, makanan yang digoreng, makanan banyak mengandung bahan pengawet, makanan yang diolah dan diawetkan seperti sarden, kornet dan nugget, daging olahan, daging merah kaya lemak.

4. Pola Hidup Tidak Sehat. Secara tidak sadar, pola hidup dan aktivitas seseorang sehari hari bisa menyebabkan terkena kanker usus besar. Namun, banyak masyarakat yang tahu namun pura pura tidak tahu, serta ada masyarakat yang benar-benar tidak tahu. Kurangnya informasi hidup sehat yang diperoleh membuat masyarakat tidak tahu bagaimana cara melakukan pola hidup sehat dalam hal menjaga berat badan, rutin berolahraga, melakukan aktivitas fisik setiap jam, dsb.

Banyak diantara kita tidak sadar memiliki faktor faktor resiko di atas sehingga terlambat menyadari bahwa resiko terkena kanker sangat tinggi akibat dari melakukan hal yang tidak dianjurkan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan kita seputar faktor faktor resiko yang dapat menyebabkan kita terkena kanker usus. Baca juga info menarik seputar obat alami kanker usus

sumber : www.medicinenet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *